WELCOME

TERIMA KASIH ATAS ANDA YANG MELIHAT BLOG SAYA SEMOGA BERMANFAAAT

yusuuf

yusuuf

Selasa, 27 Oktober 2015

Tugas 4 (BHOPAL UNION CARBIDE)



Tugas 4 (BHOPAL UNION CARBIDE)

Anggota Kelompok :
Septa Skundarian (26212921)
Yusuf Supriatna (27212994)

1.    What are the ethical issues raised by this case?
(Apa isu-isu etis yang dikemukakan oleh kasus ini?)
Jawaban :
Berikut adalah isu-isu etika yang dikemukakakan dalam kasus :
a.       Perusahaan induk mengetahui bahwa  keamanan keselamatan peralatan pabrik tidak memenuhi persyaratan, tetapi pihak manajemen perusahaan anak yang berada di India tidak memperbaiki tentang standar tersebut. Sehingga,  pada bulan Desember 1984 terjadi ledakan dan kebocoran gas metil isocyanate dari mesin pabrik. Peristiwa ini menyebabkan 2000 jiwa  yang meninggal dan 200.000 jiwa yang luka-luka.
b.      Masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar pabrik tidak mengetahui bahaya dari lingkungan pabrik, padahal perusahaan sudah memperingatkan dengan menyebarkan artikel surat kabar lokal. Hal ini dikarenakan masyarakat yang tinggal disana mengalami buta huruf serta perusahaan kurang tanggap mengenai hal ini. Perusahaan menganggap bahwa resiko tidak menimbulkan bahaya yang besar dan pihak manajemen menegaskan, bahwa tidak ada peraturan mengenai seputar komunikasi tentang resiko potensi untuk penduduk.
c.       Karena alasan keuangan, perusahaan tidak meberikan pelatihan terhadap peegawai yang bekerja di perusahaan. Perkeja yang berkerja di perusahaan kurang terlatih karena tidak adanya pelatihan serta banyaknya personil pabrik tidak menyadari resiko dari gas metil isocyanate.

2.    Did the legal doctrine of “limited liability” apply to protect the shareholders of Union Carbide Corporation (U.S.)?
(Apakah doktrin hukum “perseroan terbatas” suda diterapkan untuk melindungi para pemegang saham Union Carbide Corporation (US)?)
Jawaban :
Belum diterapkan untuk melindungi pemegang saham, karena utang perusahaan yang besar hingga  mencapai $ 1 miliar menyebabkan para pemegang saham telah mengalami kerugian. Hal ini disebabkan karena manajer perusahaan telah gagal untuk memperingatkan mereka dari risiko pabrik di India.

3.    Were the Indian operations, which were being overseen by the managers of Union Carbide Corporation (U.S).), in compliance with legal or moral or ethical standards?
(Apakah operasi India, yang sedang diawasi oleh para manajer Union Carbide Corporation (US) sesuai dengan standar hukum atau moral atau etika?)
Jawaban :
Belum,  karena perusahaan Union Carbide India Ltd belum memenuhi standar hukum dan etika yang telah ditetapkan oleh perusahaan induk. Oleh karena itu, banyak insiden yang terjadi di pabrik karena kelalaian yang tidak diinginkan karyawan dan kurangnya pelatihan yang diberikan serta mayoritas karyawan yang buta huruf sehingga tidak tahu bahaya pestisida yang digunakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar